Skip to main content

Gerhana Bulan Total, Yuk Kita Shalat Khusuf

Assalamu’alaikum sobat Info Bimas, tanggal 28 Juli mendatang diperkirakan akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT) atau khusuful qamar. Dirjen Bimas Islam mengajak umat Islam untuk melaksanakan Shalat Gerhana atau Shalat Khusuf.

Sebagaimana dilansir di laman website Ditjen Bimas Islam, telah menerbitkan seruan kepada para Kepala Kanwil Kemenag agar menginstruksikan Kepala Bidang Urusan Agama Islam/Kepala Bidang Bimas Islam/Pembimbing Syariah, Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan Kepala KUA untuk bersama para ulama, pimpinan ormas Islam, imam masjid, aparatur pemerintah daerah dan masyarakat untuk melaksanakan Shalat Gerhana Bulan Parsial di wilayahnya masing-masing.

Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin menjelaskan bahwa hampir seluruh kawasan Indonesia dapat mengamati GBT ini.

Awal gerhana diperkirakan mulai pukul 01:24:27 WIB hingga 05:19:00 WIB. “Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 03:21:44 WIB, dan akhir gerhana bulan total pada pukul 04:13:12 WIB,” kata Dirjen di Jakarta, Rabu (25/07).

Dirjen menambahkan, pelaksanaan shalat gerhana disesuaikan dengan situasi dan kondisi daerahnya masing-masing.

Berikut link Seruan Shalat Gerhana Bulan dan Tuntunan Shalat Gerhana
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar