Skip to main content

Pedoman Legalisasi Buku Nikah Terbaru 2019

TintaHitam.Net – Assalamu’alaikum sobat info bimas, kali ini admin akan share tentang ketentuan Legalisasi Buku Nikah terbaru sebagaimana yang diatur dalam PMA Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan.


Jika di ketentuan sebelumnya, legalisasi buku nikah dapat dilakukan di KUA yang mengeluarkan buku nikah, atau KUA di wilayah tempat domisili yang bersangkutan, atau pada Kankemenag Kab/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi dan Dirjen Bimas Islam, maka setelah berlakunya PMA Nomor 11 Tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan terdapat perbedaan.

Ketentuan legalisasi Buku Nikah berdasarkan PMA Nomor 11 Tahun 2018 pasal 26 adalah dilakukan pada KUA Kecamatan yang mencatat peristiwa perkawinan. Dalam hal KUA Kecamatan sudah menggunakan Aplikasi SIMKAH berbasis Online atau dapat memverifikasi data perkawinan secara offline, legalisasi Buku Nikah dapat dilakukan pada KUA Kecamatan lain dan/atau Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar